Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Berinvestasi Emas Lebih Menguntungkan, Walaupun Hanya Rp.10.000?

Investasi Emas




Selama pandemi Covid-19, kita sering menjumpai  harus menjual kendaraan pribadi, barang elektronik bahkan rumah sekalipun untuk kelangsungan hidupnya. konsultasi tentang bagaimana megelola keuangan yang tepat menjadi salah satu topik yang sering

Selain itu kata-kata safe haven juga tak kalah popular, singkatnya safe heaven berbicara tentang bagaiamana sebuah asset seperti emas misalnya mampu melindungi daya beli dan kekayaan seseorang dari inflasi apalagi ditengah pandemi dimana ekspor dan impor melambat, . Beberapa instrument save haven yang dipercaya oleh masyarakat yaitu emas, obligasi dan membeli Mata uang asing seperti USD dan Yen.

 

Nah pada tulisan kali ini saya akan menunjukkan salah satu alasan terbesar kenapa anda harus berinvestasi emas mulai sekarang, yaitu inflasi.


Inilah Yang Inflasi Dapat Lakukan Pada Uang Anda

Tanpa kita sadari uang yang kita miliki setiap tahunnya akan tergerus oleh inflasi. Ini semacam monster yang bekerja secara diam diam, lalu mengambil uang anda. Secara fisik dan nominal uang anda akan tetap sama, tetapi daya beli (purchasing power) dari uang anda berkurang. Mari lihat contoh dibawah ini. 

 

Harga beras ditingkat grosir ditahun 2010 pada bulan januari Rp.6702/ kilogram

Harga beras menurut BPS 2010

 

Sedangkan 10 tahun kemudian, harga beras ditingkat grosir ditahun 2020 pada bulan januari sudah di harga Rp.12,343/ kilogramnya

Harga beras menurut BPS 2020

Jika setiap harinya di tahun 2010 anda membutuhkan 2 kg beras, anda hanya perlu mengalokasikan uang sebesar Rp.13.404. Tetapi di tahun 2020 dengan uang Rp.13.404 anda hanya mendapat beras sebanyak 1,08 kg, artinya selama 10 tahun uang anda kehilangan daya beli barang sebanyak 54 % atau dengan kata lain mau tidak mau jika anda ingin mendapatkan beras 2 kg perharinya anda harus mengalokasikan uang sebesar Rp.26.808. Tetapi jika pendapatan anda tidak meningkat dapat dipastikan di tahun 2020 anda akan kekurangan beras sebanyak 0,92 kg.

Seperti inilah inflasi mencuri kekuatan uang anda tanpa sepengetahuan anda, mau tidak mau anda harus mencari solusi supaya uang anda tidak berkurang daya belinya. Salah satu investasi yang mampu membantu anda adalah emas.



Kenapa Harus Emas?

1. Emas Selalu Menang Melawan Inflasi

Sebagai salah satu instrumen investasi emas memiliki keunggulan sehingga sangat layak untuk dijadikan sebagai pelindung dari inflasi. 

Dari data dibawah ini kita bisa melihat harga emas terbawah pada tahun 2010 Rp.376.010/gram sedangkan harga emas tertinggi saat tulisan ini ditulis pada tahun  2020 Rp965.434/gram.

Jika harga teratas dikurang harga terbawah (Rp965.434/gram- Rp.376.010/gram) maka kenaikan harga dalam 10 tahun terkahir sebesar Rp.589424/gram atau sama dengan 154,6 %, jika kita kita average selama 10 tahun, hasilnya setiap tahun emas naik sebesar 15,4 %. 


Kenaikan emas 10 tahun terakhir


Jika kita berasumsi tingkat inflasi pertahun 6%, dengan berinvestasi emas, sebenarnya kekayaan kita tetap bertambah dengan kata lain kekayaan kita masih kebal terhadap inflasi dikarenakan kenaikan emas pertahun 15,4 %.



2. Emas Tumbuh Lebih Stabil

    Mari lihat kedua grafik dibawah ini:

      
a. Kurs BI-USD dalam kurun waktu 3 tahun bergerak cenderung fluktuatif, bagi anda yang                        memiliki tipikal investasi yang tidak tahan dengan pergerakan harga tersebut, tentunya ini                    membuat anda sanat tidak nyaman.

b. Sedangkan Emas bergerak ke atas lebih stabil, tentunya ini cocok bagi anda yang memiliki                     toleransi resiko yang rendah

Dengan demikian, investasi emas berdasarkan data diatas lebih menguntungkan secara finansial dan juga beban psikologis dari fluktuasi harga tidaklah besar.

3. Emas selalu naik walaupun  IHSG turun

Untuk melihat pergerakan emas dalam 5 tahun terakhir, anda bisa mendownload RTI Business, nah dari data ini anda bisa melihat ketika IHSG bearish (turun) maka emas cenderung menguat/naik (bullish). Oleh karena itu emas bukan hanya saja bisa dijadikan sebagai intrumen investasi tapi juga bisa sebagai diversivikasi resiko investasi anda. Singkatnya jika anda berinvestasi di saham, tidak salahnya anda juga berinvestasi di emas untuk mengurangi resiko saat pasar modal sedang bearish (turun)

 

IHSG 5 Tahun Terakhir


Emas 5 Tahun Terakhir (2015-2020)


Anda Bisa Investasi Emas Mulai Rp.10.000?

Emas memang begitu memikat, jadi tidak salah jika Pegadaian Syariah memiliki salah satu program yang membantu masyarakat untuk investasi emas mulai Rp.10.000. Kemudahan ini bisa anda dapatkan dengan membuka buku tabungan emas dengan biaya Administrasi awal sebesar Rp.56.000, dan itu sudah termasuk emas seberat 0,01 gram.



Tabungan ini sebenarnya hampir sama dengan tabungan uang di bank pada umumnya, yang membedakannya adalah ketika anda menabung sejumlah uang, pada saat itu juga uang anda akan dikonversi atau dibelikan emas dengan harga emas pada hari itu juga.

Jika jumlah emas yang ada ditabungan anda sudah mencapai 1 gram anda bisa meng-order cetak ke pihak Pegadaian Syariah tempat anda membuka buku tabungan. Seandainya pun anda tidak ingin menyimpan emas dalam bentuk fisik, anda bisa menyimpan dalam bentuk tabungan di buku tabungan  emas anda. 

Keuntungan lainnya yang bisa anda dapatkan adalah ketika anda menjual emas yang ada didalah tabungan, harga emas yang anda jualmtetap mengikuti harga pasar, bayangkan setelh anda menabung dan harga emas naik drastis seperti di masa pandemi ini, berapa banyak keuntungan yang adna dapatkan?

Satu lagi jikapun anda tidak mau menjual, tetapi anda butuh uang dalam waktu dekat, anda bisa menggadaikan buku tabungan emasnya. Nah itulah kemudahan yang diberikan oleh Pegadaian Syariah, jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak berinvestasi emas karena semuanya sangat mudah.


Sebagai penutup, yuk berbagi pengalaman mu tentang investasi emas.......

Tuliskan juga rekomendasi tempat berinvestasi yang aman menurutmu..........


Referensi:

(https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/963)

https://goldprice.org/id

Aplikasi RTI Business


Furqan  Jamali
Furqan Jamali Hobi menanam dan beternak secara organik. Berkeinginan mewujudkan sistem ekonomi yang berkelanjutan.

1 komentar untuk "Kenapa Berinvestasi Emas Lebih Menguntungkan, Walaupun Hanya Rp.10.000?"

  1. Artikel ini sgt membantu sosialisasi/edukasi emas kpd masyarakat awam. Thanks
    www.eaforexterbaik.com

    BalasHapus

Berlangganan via Email