Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Selamatkan Lingkungan Dengan Inovasi Rujak Ue Groh Khas Desa Bakoy


Tak berselang lama setelah meninggalkan rumah salah satu teman di Desa Lingom, Indrapuri , Aceh Besar.

Saya diajak untuk menikmati Rujak Ue Groh di Desa Bakoy, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar.

Katanya, rujak disini sangat khas dari daerah lain.

Setibanya saya di sana, memang benat Rujak Ue Groeh memiliki keunikannya tersendiri yang membedakan dengan rujak lainnya.

 

Rujak Ue Groh terbuat dari batok kelapa muda, umbut (bagian dalam pucuk kelapa ) lalu dicampur dengan gula merah, cabe dan jeruk nipis.

 

Rujak Ue Groeh

Rasanya sangatlah gurih dengan perpaduan asam, manis dan pedas. Tak terasa hanya beberapa menit saja Rujak U Groeh bisa habis seketika.

Selain itu, Owner  Rujak U Groeh ini memang telah berhasil menyulap pemandangan sawah sebagai objek penyegar mata lalu ditambah dengan dekorasi yang menawan. Perpaduan daun Rumbia, pondok kayu, dan sebagainya terkesan ala-ala bangunan lama yang serba bahan renewable.

Dekorasi RUjak Ue Groeh


Bukan hanya itu saja, ia juga memelihara beberapa ekor burung dan juga kolam Ikan Koi, yang makin membuat pengunjung merasa nyaman.

Oiya, RM Rujak U Groeh Bakoy ini bisa menghabiskan lebih dari 300 porsi setiap harinya. Tentunya bisa dibayangkan berapa bahan baku yang diperlukan setiap harinya.



Penasaran dengan bagaimana usah aini bisa terus menyediakan umbut kelapa ?

Si Owner bercerita bahwa ia telah memulia usaha ini sejak 2017 lalu, dan memiliki banyak jaringan di Aceh Besar dimana berprofesi sebagai pemotong pohon kelapa yang biasa dijadikan kayu untuk aneka keperluan bangunan.

Alhasil, Usaha ini telah memberi solusi bagi pemotong kayu dimana biasanya umbut kelapa dibuang percuma, dan hari ini bisa dijadikan hidangan yang enak. Sehingga makin banyak bagian dari kelapa yang bisa dimanfaatkan dan tentunya melestarikan lingkungan.




FURQAN
FURQAN Hobi menanam dan beternak secara organik. Berkeinginan mewujudkan sistem ekonomi yang berkelanjutan.

Posting Komentar untuk " Selamatkan Lingkungan Dengan Inovasi Rujak Ue Groh Khas Desa Bakoy "