Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kenapa Aceh Harus Membantu Masyarakat Korban Gempa Turki?

 


Aceh dan Turki memiliki sejarah panjang yang tak bisa dielakkan di masa lampau. Dimulai dengan perdagangan rempah seperti komoditas lada, permintaan dukungan militer oleh Aceh kepada Turki, hadirnya pusat-pusat pelatihan militer yang diasuh langsung oleh militer terbaik Turki sampai dengan adanya sebuah gampong atau desa di ujung Banda Aceh yang kita kenal dengan Gampong Bitai. Disitu dimakamkannya seorang ulama Turki, Tgk di Di Bitai.


Meskipun hubungan terjadi dimasa lampau, dan secara politik kita tidak terlalu dekat dengan Turki, tetapi secara psikologis masyarakat kebnayakan Masyarakat Aceh masih merasakan kedekatan yang dalam dengan Turki.

 

Munandar, Kepala Cabang ASAR Humanity Aceh mengatakan bahwa masyarakat Turki khususnya para donator Turki kebanyakan memilih Aceh sebagai tujuan bantuan kemanusiaannya.

“Beberapa kali kita sharing dengan relasi kita yang berada di Turki, memang para Donatut Turki seakan memiliki pandangan yang istimewa terhadapa Aceh. Ini terbukti dibanding daerah lain di Indonesia, kita menjadi Daerah yang paling banyak implementasi bantuan kemanusiaan dari Turki.” Ujarnya

Sumur Wakaf Dari Turki

Selanjutnya ia mengungkapkan bahwa ASAR Humanity Aceh selama 4 bulan di Aceh sudah mengimplementasi beberapa sumur wakaf dari Turki.

“Ada 12 sumur wakaf lengkap dengan tempat wudhu yang kita bangun di beberapa kabupaten di Aceh. Selian itu 4 Sumur Wakaf lainnya sedang dalam tahapan pengurusan adminidtrasi untuk bisa dilakukan pencairan dana. Semua itu dari Masyarakat Turki.” Tambahnya

 

Hubungan yang terjalin antara Aceh dan Turki ini memang bisa dibuktikan secara Psikologis dan banyaknya para donator yang memilih Aceh sebagai tempat implementasi berbagai program kemanusiaan.

 


Munandar, mengajak Masyarakat Aceh untuk membantu meringankan derita saudara muslim di Turki karena Gempa beberapa hari yang lalu.

“Mengingat selama ini jasa Masyarakat Turki dalam membantu Aceh, kami mengajak untuk berkolaborasi mengirimkan bantuan ke Turki. Alhamdiulillah , mulai 7 Februari 2023, kami sudah mengirim relawan untuk membantu koordinasi di Turki. Bagi yang ingin mengirimkan bantuan silahkan hubungi 0821-2222-4204 (ASAR Humanity Aceh) atau langsung Transfer ke BSI  #7213651905 a.n ASAR Humanity.” Tutup Munandar

FURQAN
FURQAN Hobi menanam dan beternak secara organik. Berkeinginan mewujudkan sistem ekonomi yang berkelanjutan.

Posting Komentar untuk "Kenapa Aceh Harus Membantu Masyarakat Korban Gempa Turki?"