Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Gojek Tokopedia Tidak Sendiri - Anda Harus Lebih Bijak Memahami Kegagalan Dalam Bisnis

 


Gojek Tokopedia Tidak Sendiri

Dalam menjalani kehidupan, kegagalan dan keberhasilan merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan. Mereka bagaikan dua sisi koin yang selalu berdampingan.

Menariknya, dalam 2 dekade ini, tampaknya topik menjadi seorang pengusaha makin diminati. Bagaimana tidak, pergeseran dari era industri ke era informasi membuat persaingan menjadi semakin ketat. Jika dulu manusia melawan manusia, sekarang selain persaiangan dengan manusia yang lain, mereka juga harus berhadapan dengan ancaman akan digantikannya manusia dengan robot yang memiliki kecerdasan yang luar biasa. Jadi, menjadi pengusaha tampaknya bukan lagi sebuah pilihan tetapi memang menjadi salah satu jalan hidup yang harus ditempuh jika mau survive di era informasi.

Ramainya dunia usaha yang mulai digandrungi oleh anak muda, tentu menjadi salah satu pertanda bagus. Dalam artian, mereka berani menuju zona baru dan siap bertempur menghadapi kompetitor-kompetitor besar yang sudah duluan di bidang tersebut. 

Contoh terdekat kita bisa melihat bagaimana kehadiran Uber dan Gojek, hanya berbekal aplikasi tapi mampu menggeser perusahaan taxi yatitu  Bluebird, yang sangat menggurita di Indonesia.

Taxi dari Perusahaan Bluebird


Apapun itu, ada satu hal yang harus diingat dan memang harus di ulang-ulang, bahwa bisnis ini bukan hanya soal untung atau rugi. Tetapi bagaimana kita bisa menyikapi kedua hal tersebut. Saya yakin kalau berbicara masalah bagaiamana menyikapi keuntungan, mungkin anda tidak terlalu tertarik, karena ya smeua orang suka mendapat untung. Tetapi bagaimana dengan kegagalan? Pasti anda membenci kegagalan.

Faktanya, semua perusahaan akan mengalami kegagalan, semua perusahaan akan mengalami kerugian, semua perusahaan akan melewati hal-hal yang sulit dan semua perusahaan akan mengalami penurunan penjualan.

Baru-baru ini misalnya, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengalami kerugian mencapai 6,6T di kuartal pertama tahun 2022. Sekilas, kita berfikir kenapa perusahaan sebesar  ini bisa rugi yaa? Padahal siapa yang tidak kenal dengan perusahaan ini? saya rasa semua orang tahu perusahaan ini dan mungkin pernah menggunakan jasanya.

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) 

Lalu, bagaiamana dengan nasib para investor, apakah mereka tidak menyukai kondisi ini? Pastinya mereka tidak suka. Tetapi inilah bisnis, akan ada masa-masa dimana mengalami kerugian.

Menariknya lagi, perusahaan besar lainnya sebenarnya juga  pernah mengalami kondisi seperti ini. Jadi bukan hanya PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) saja.

Walter Elias Disney Pendiri Walt Disney

Walt Disney selama pertengahan tahun 1930, ternyata telah memproduksi sebanyak 400 film kartun. Sebagian menguntungkan dan sebagian merugikan. Keuntungan terbesarnya ternyata  didapat dari kartun Snow White and the Sevent Dwarfs. Ia menghasilkan $8 juta hanya dalam 6 bulan pertama dan melebihi pendapatan selama beberapa tahun terakhir

Perusahaan Amazon kehilangan uang banyak pada peluncuran Fire Phone. Kabar baiknya ia mendapat keberuntungan pada Amazone Web Service.

amazon.com

Jeff Bezof, tidak mundur bahkan menantang keberanian para investornya untuk melanjutkan proyek ini.

“Anda pikir itu kegagalan besar? Kami sedang menggarap kegagalan-kegagalan yang lebih besar sekarang. Saya tidak bercanda. Beberapa akan membuat Fire Phone tampak seperti bercanda hanya tersandung sedikit.” – Ujar CEO Jeff Bezos pada para pemegang Saham


Kesuksesan Warrant Buffet juga tak sedemikian mulus, ia juga mengalami ratusan kegagalan. Terbukti, dalam sebuah rapat pemegang saham Berkshire Haythaway pada tahun 2013,  Warren Buffet mengatakan bahwa ia pernah memiliki 400-500 saham sepanjang hidupnya, dan mendapatkan uang terbesar hanya dari 10 saham saja. Lainnya, anda tahu sendiri jawabanya.

Warrent Buffett

Di dunia hiburan juga berlaku hal demikian, tidak semua akting dan lelucon bisa mendapat keuntungan yang banyak.

Criss Rock seorang pelawak terkenal, ia mengatakan bagaimana perjalanan sebuah lelucon yang ia buat sehingga menjadi sesuatu yang sangat menjual.

Criss Rock Pelawak Terkenal 


Ia mengatakan bahawa lelucon yang kita saksikan pada arena besar merupakan hasil dari puluhan penampilan di arena kecil yang ia tampilkan. Menurutnya, di arena kecil itulah kuncinya,  semua formula diramu, diubah sampai mendapat titik terbaik dari leluconnya. Sehingga leluconnya menjadi booming dan viral di kalangan penikmatnya.

Jadi kesimpulannya memang untuk menjadi berhasil dan menang anda harus bijak dalam menyikapi kegagalan. Jika kegagalan kita anggap merupakan suatu tanda kutukan dan membuat anda berhenti, maka kita tidak akan pernah mengalami keberuntungan pada apa yang yang sedang kita geluti dan perjuangkan.

Sebagai penutup, ada satu nasehat yang luar biasa dari Morgan Housel.

Keberhasilan kita sebagai investor akan ditentukan oleh bagaimana kita menanggapi beberapa momen mengerikan, bukan bertahun-tahun yang dihabiskan dengan lancar.”-Morgan Housel





FURQAN
FURQAN Hobi menanam dan beternak secara organik. Berkeinginan mewujudkan sistem ekonomi yang berkelanjutan.

Posting Komentar untuk "Gojek Tokopedia Tidak Sendiri - Anda Harus Lebih Bijak Memahami Kegagalan Dalam Bisnis"