Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kenapa Kamu harus Memiliki Rutinitas Yang membosankan?

 



Pernahkan merasa kenapa harus mengerjakan pekerjaan itu-itu saja? Dengan jadwal yang sama, urutan yang sama bahkan dengan hasil yang sama pula.

Bayangkan setiap hari harus bangun sebelum azan subuh, lalu sholat, membaca dan melakukan beberapa gerakan yoga. Mengeluarkan segenap tenaga untuk melakukannya dengan tepat waktu.

Terkadang kita pasti menginginkan sesuatu yang random alias bangun tidur sesuka kita, membaca buku saat mood sedang baik, melakukan gerakan Yoga ketika baru saja mendengar beberapa petuah kesehatan tentang manfaat Yoga. Sekilas kelihatan sangat menarik, tidak membebani pikiran dan akan terasa santai.

 

Tetapi benarkah rutinitas membuat hidup kita kaku seolah tak memiliki guratan seni layaknya seorang seniman? 

Selama beberapa hari, saya mencoba melakukan hidup tanpa rutinitas yang spesifik, dimulai dari jadwal tidur yang berantakan, membaca buku ketika mood sedang baik, dan melakukan yoga ketika merasa butuh atau karena baru saja menonton praktisi yoga berbicara tentang keajaiban gerakan tersebut.

Alhasil, memang kelihatan tidak memiliki beban, tetapi pada akhirnya itu menghancurkan seluruh hari saya. Dimulai dari harus buru-buru mandi pagi dan sarapan, mengecek jadwal tugas yang harus dikerjakan hari ini, dan berimbas pada turunnya produktivitas dan cenderung susah mengontrol suasana hati. Efek lainnya tentu saya tidak menikmati hidup padahal kita menganggap tidak terikat rutinitas adalah lebih baik.

Hal ini juga ditulis oleh James Clear dalam bukunya Atomic Habit, ia beranggapan bahwa manusia harus memiliki rangkaian kebiasaan dimana itu akan membuat hidupnya lebih baik. Bayangkan saja kita membiarkan hidup ini berjalan sesuai dengan apa muncul dipikiran kita? Misalnya saat seharusnya mengerjakan tugas, tetapi pikiran kita malah ingin menonton beberapa film terbaru? Apa yang akan terjadi? Ya jika dituruti maka tugas akan terbengkalai dan itu akan membahayakan terget kerja harian.

Jika seharusnya jadwal pemeriksaan kesehatan dipagi sabtu, lalu muncul keinginan untuk melanjutkan tidur sampai dengan siang. Berapa besar kerugian kita pada hari itu?

Jadi pada dasarnya, rutinitas harian sangat menguntungkan kita. Disitu kita melatih diri untuk mengontrol berbagai keinginan yang ada didalam pikiran untuk mengacaukan seluruh jadwal yang sudah diatur. Dengan kemampuan mengendalikan pikiran yang baik akan berimbas pada mudahnya mencapai target dalam waktu yang sudah ditentukan.

Rutinitas juga membuat kita makin ahli dalam bidang yang sedang kita geluti. Rutin membaca akan memudahkan kita dalam menuangkan ide dalam tulisan. Rutin berolahraga akan memudahkan mendpat fisik yang sehat. Rutin memasak, akan memudahkan kita menjadi koki handal.

Jadi, rutinitas memang membosankan, tetapi ia membuatmu lebih cepat dalam menyelesaikan tugas yang serupa diwaktu yang tak terduga dan memudahkanmu mencapai tujuan.



FURQAN
FURQAN Hobi menanam dan beternak secara organik. Berkeinginan mewujudkan sistem ekonomi yang berkelanjutan.

Posting Komentar untuk "Kenapa Kamu harus Memiliki Rutinitas Yang membosankan?"