Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Untung Berkali Lipat Jika Pengusaha Memiliki Emas


Untung Berkali-lipat jika pengusaha memiliki emas


Beberapa hari yang lalu saya bertemu dengan sahabat yang bergelut dalam dunia wirausaha. Kepada saya dia menceritakan  salah satu rahasia untuk melindungi keberlanjutan usahanya. Dia mengatakan salah satu kunci utama adalah berinvestasi emas.

Sebelumnya, ada beberapa prinsip yang kita harus pahami tentang emas. Pertama, dalam jangka panjang emas selalu naik setiap tahunnya, dari hasil perhitungan saya selama tahun terkahir ada kenaikan sekitar 153 persen artinya 15% pertahun. Kedua emas selalu terlindungi dari inflasi. Dan ketiga dia adalah investasi yang sangat aman ketika ekonomi tidak menentu.


Case 1 (Emas Bisa di Gadai Untuk Keperluan Mendadak)

Diawal membangun usaha dia memiliki 100 gram emas sebagai proteksi jika sewaktu-waktu membutuhkan modal segar dalam waktu cepat. Pertanyaanya kenapa dia tidak memilih menyimpan uang cash? 

Saat mengatur usahanya, dia tetap memiliki uang cash tetapi bukan untuk tujuan mengatasi keperluan mendadak, tetapi hanya dialokasikan untuk keperluan yang sudah diprediksi dari awal.

Untuk keperluan mendasak dia tetap menggunakan emas, alasannnya karena keperluan yang mendadak, jika disimpan dalam bentuk cash atau tunai hanya akan tergerus oleh inflasi. 

Strateginya saat membutuhkan uang secara mendadak misalnya dengan tempo pembayaran 2-3 hari atau 10 -20 hari, dia memilih untuk menggadai lalu meluasinya dalam tempo tersebut.

Emas Antam
Emas ANTAM


Case 2 ( Emas untuk Modal Usaha yang Lebih Menguntungkan)

Ketika dia membutuhkan dana segar untuk menambah modal, dia juga memakai emas untuk memenehi dana tersebut. Jika untuk keperluan 2-3 hari seperti case 1, maka dia menggadaikan emasnya di Pegadaian, tetapi jika kebutuhan dana 1-3 tahun dia memilih untuk meng ARRUM kan emasnya di Pegadaian dimana setiap bulannya dia menyicil pinjamannya.


Apa Keuntungan yang anda dapatkan?

Hal yang harus kita ingat kembali adalah dalam10 tahun terakhir emas naik sekitar 15% setiap tahunnya. Jika memiliki emas 100 gram ditahun 2010 saja dengan harga Rp.30.000.000 saja maka  ditahun 2020 emas anda akan bernillai Rp.75.000.000

Untuk Case 1 anggap saja inflasi (uang anda hilang daya beli) sebesar 3%, maka total bersih kenaikan emas anda 12%. Inilah keuntungan anda.

Seandainya anda hanya menyimpan uang tunai, berarti uang anda akan hilang daya beli 3 %. Jikapun sesekali digadai dengan tempo yang singkat, anda masih mendapat untung dari kenaikan emas walaupun sudah membayar biaya penitipan emas di Pegadain.

Sementara case 2, jika biaya penitipan emas dipegadaian setara dengan 1% perbulan atau di setahunkan 12% sedangkan kenaikan emas 15% pertahun. Total net return (pendapatan bersih) adalah 3 %. Artinya walaupun anda menitip emas lalu mengambil sejumlah uang. Anda tetap untung dari kenaikan harga emas. Belum lagi jika usaha anda untung. Maka disini bisa saya katakan anda akan untung berkali-kali  yaitu kenaikan emas setelah dikurangi biaya penitipan ( 15%-12=3%), kemudahan mengambil uang di Pegadaian, emas kesayangan anda tidak harus dijual, keuntungan usaha, dan seterusnya.

Jadi,mulai saat ini mulailah berinvestasi pada emas untuk mendapatkan berbagai macam keuntungan diatas. Untuk jenis emas sendiri, saya menyarankan untuk memilih emas batang / LM  dengan brand ANTAM, UBS, GALERI 24 maupun LOTUS.


Sekian tulisan singkat kali ini, silahkan berikan komentar anda dibawah ini.


Beli Emas di Galeri 24
Beli Emas di Galeri 24











FURQAN
FURQAN Hobi menanam dan beternak secara organik. Berkeinginan mewujudkan sistem ekonomi yang berkelanjutan.

Posting Komentar untuk " Untung Berkali Lipat Jika Pengusaha Memiliki Emas"