Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kesehatan Anda dan Jebakan Takdir Keuangan


Kesehatan Anda dan Jebakan Takdir Keuangan

Kemarin saya ke kebun untuk mengangkut hasil panen pinang. Rasa malas begitu mengganggu, harganya anjlok drastis dari biasanya Rp.15.000 perkilogram, saat ini hanya Rp.6.000 perkilogram. Tapi itulah pasar, tak bisa dikendalikan hanya bisa mengamati dan mengatur siasat dengan menanam beberapa komoditas lainnya.

Tak hanya pinang, dulu juga sempat menanam beberapa pohon pala. Salah satu komoditas ekspor yang permintaannya masih tinggi walaupun harganya anjlok lebih dari 50 persen ketimbang 6 tahun lalu. Nasibnya juga tak kunjung membaik!

Pohon Pala Yang Siap Panen


Walaupun demikian, sama halnya dengan komoditas lainnya, ia akan mempunyai gilirannya masing-masing dimana akan dihargai sangat tinggi. Kapan? Biarlah pasar memutuskan.

Hal yang tak boleh dilupakan adalah semua tumbuhan tersebut harus dirawat bagaimanapun kondisinya. Menjaganya tetap prima sambil menunggu giliran cuan.

Salah satu penghambat tumbuh kembangnya tumbuhah, khsusunya pohon pala adalah benalu. Ia mengambil banyak unsur hara dari pala dengan menempel di pohon pala. Alhasil benalu akan tumbuh besar dan cabang atau ranting yang ditumbuhi benalu lama kelamaan akan mati.

Nah, hari ini  saya membersihkan pala dari benalu agar pala bisa tumbuh dan berproduksi maksimal.

Saya termasuk orang yang yakin bahwa semua makhluk hidup diciptakan dengan tugasnya masing-masing tentunya memiliki manfaatnya. Tak mau membuang benalu dengan sia sia saya memutuskan membawanya kerumah untuk dijadikan minuman sehari-hari.

Benalu Yang Baru Saja Dipangkas 

Khasiatnya sangat banyak mulai dari pembunuh sel kanker, tumor, diabetes, kolesterol dan sebagainya. Unik bukan?

Faktanya ini tanaman sangat berguna dan bernilai kesehatan tanpa harus repot ke apotik.

Sekilas, saya teringat dengan negara Zimbabwe. Pada tahun 1970 ia terkenal dengan negara yang makmur, tetapi akibat negara mencetak uang secara besar-besaran. Inflasi Meroket, dan harga barang menjadi sangat mahal. Negara ambruk, kehidupan tak karuan, bunuh diri mungkin sangat logis bagi paruh baya yang uang pensiunannya tidak berharga lagi.


Zimbabwe dan Kelaparan Massal

Kesehatan menjadi momok utama. Mereka yang sangat bergantung pada perusahaan pencetak obat (farmasi), bisa dipastikan tidak mampu membeli obat bilapun mampu hanya sebagian orang dengan harga yang tinggi.

Kembali mempelajari warisan herbal adalah solusinya. Ribuan tahun kita memiliki pengetahuan yang baik terhadap tumbuhan yang bisa dijadikan obat. Selfhealing adalah kemampuan wajib bagi manusia masa itu. Semua manusia memiliki kemampuan mengenali tumbuhan apa yang bisa digunakan sebagai obat, walaupun tetap saja ada beberapa orang yang mengusai teknik racikan obat-obatan diatas rata-rata yang dijadikan sebagai rujukan.

Lalu kenapa kita tidak meneruskannya malah menggantungkan semuanya pada perusahaan farmasi dan kekuatan uang?

Sistem dunia memang telah membentuk manusia supaya hanya menguasai satu bidang saja, menghasilkan uang dari satu keahlian, membentuk generasi pekerja lebih banyak dibanding mendidik mereka menjadi pemilik modal.

Semuanya dikuasai oleh industri yang dimiliki oleh pemilik modal, alih-alih terlihat pintar sebenarnya kita sedang terjebak dalam permainan kapitalis, menggantungkan kehidupan dan kesehatan anda pada industri yaitu pemilik modal besar dan takdir keuangan yang tak terlalu peduli pada anda.

 

 

 

FURQAN
FURQAN Hobi menanam dan beternak secara organik. Berkeinginan mewujudkan sistem ekonomi yang berkelanjutan.

Posting Komentar untuk "Kesehatan Anda dan Jebakan Takdir Keuangan"