Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

15 Menit Bersama Pak Ahyuddin : 3 hal penting yang harus dimiliki untuk membangun organisasi yang besar dan berkelanjutan

Pak Ahyuddin (President Global Islamic Philantropy)

Seperti biasa, Pak Ahyuddin sering di undang ke berbagai macam acara untuk berbincang terkait banyak hal salah satunya tentang bagaimana membangun organisasi, pengelolaan wakaf dan sebagainya, maklum ide -ide cemerlangnya selama ini ia beliau tuangkan dalam berbagai program-program Aksi Cepat Tanggap nyatanya sangat membantu masyarakat prasejahtera. Bukan hanya itu Aksi Cepat Tanggap menjadi jembatan penghubung antara para donatur dan penerima manfaat.

 

Pagi ini (Minggu,31 Oktober 2021) sambil menikmati hari libur, saya mengikuti salah satu acara live streaming di youtube Himpunan Dai Muda Indonesia dengan narasumber Pak Ahyuddin.

Saya tertarik dengan beberapa pemikiran beliau tentang bagaimana membangun organisasi yang besar dan dapat berkelanjutan. Karena banyak beberapa organisasi yang saya perhatikan, sangat baik pertumbuhannya dibeberapa bulan pertama namun ada juga yang vakum bahkan mati ditahun berikutnya.

 

Nah, disini Pak Ahyuddin menjelaskan 3 point penting yang harus dimiliki untuk membangun organisasi yang besar. 3 point ini dapat mewakili gambaran singkatnya, yaitu:

 

1.Vision (visi)

Visi dikatakan sebagai nilai inti terbesar (core value) yang ingin di wujudkan, ini tak ubahnya seperti membangun sebuah kapal, sebelum kapal dibangun, seorang arsitek akan menentukan dulu kemana tujuan dan bagaimana medan yang akan dilalui oleh si kapal, makin jauh dan beratnya medan yang dilalui maka si arsitektur akan mulai membangun kapal yang besar, memiliki ketahanan yang tinggi dan kelincahan dalam mengarungi samudera.

Ini menggambarkan betapa pentingnya kejelasan visi sebuah organisasi, sehingga organisasi yang akan kita pimpin tidak terombang-ambing bahkan tanpa arah. Semakin jelas dan terukur semakin cepat pula pertumbuhan organisasi.

 

2.Leadership (Kepemimpinan)

Menurut Pak Ahyudin, pada dasarnya semua manusia adalah pemimpin (leader) atau dalam bahasa Al-Quran disebutkan khalifah, yang mengemban amanah dari Allah untuk hidup dan menjaga keteraturan bumi.

Nah, dalam sebuah organisasi sosok yang visioner dan mempunyai tekad yang kuat dalam memimpin organisasi  akan sagat menentukan kondisi organisasi.

 

3. Enterpreneurship (Wirausaha)

Mengapa banyak organisasi vakum bahkan bubar begitu saja? Salah satu penyebabnya karena organisasi tersebut tidak memiliki kemampuan enterpreneurship yang baik.

Dukungan finansial menjadi salah satu pilar agar organisasi tersebut tetap eksis keberadaannya bahkan berkelanjutan.

Hal tersebut mengartikan bahwa untuk menjadi organisasi yang hebat, mereka harus berjuang mengatur strategi agar memiliki bisnis yang nantinya mampu membiayai seluruh kegiatan organisasi.

 

Nah kalau berbicara bisnis, setidaknya ada 3 hal yang harus dipastikan yaitu: product (produk), market (pasar) dan finance (pembiayaan).

 

Dari ketiga hal tersebut, point terpenting adalah point ketiga yaitu finance atau pembiayaan.

Tak bisa dipungkiri, tanpa dukungan dana yang mumpuni, proses pembentukan produk dan pembentukan market sangatlah sulit.

Salah satu instrumen yang wajib kita gunakan adalah wakaf produktif, dimana pewakif mewakafkan uang maupun barang lainnya. Dan akan dikelola oleh nazir sehingga pendapatan  dari pengelolaan aset wakaf akan disalurkan ke program program sosial.

 

Di sini Pak Ahyuddin misalnya, menjelaskan secara singkat upayanya berjuang digarda terdepan untuk mengajak sebanyak-banyaknya masyarakat dan korporasi untuk berwakaf. Salah satu wujud aksinya dituang dalam Global Wakaf Corporation dimana nantinya akan melahirkan Korporasi Berbasis Wakaf.

 

Intinya untuk membentuk kesejahteraan sosial kita harus mengembangkan sebanyak-banyaknya aset yang berbasis wakaf.


Berbicara tentang keimanan, menurutnya sudah seharusnya aksi kita mewakafkan asset menjadi indikator keislaman kita. Kalau merujuk kepada apa yang dikatakan oleh Pak Ahyuddin tentang kapan peradaban umat Islam bangkit dan sejahtera, itu terjadi saat umat berlomba lomba mewakafkan hartanya sampai pada tingkatan mereka merasa begitu ringan melakukan ibadah ini.

 

Kesimpulannya

Menurut penulis, apa yang disampaikan oleh pak ahyuddin yang saya rangkum diatas, ini dapat kita kategorikan kedalam 3 bentuk aset . vision (visi) adalah aset  intelektual, leadership (kepemimpinan) adalah aset sumber daya manusia sedangkan yang terakhir entrepreneurship (wirausaha) adalah aset finansial.

Supaya organisasi menjadi besar dan hebat  ketiga asset ini harus terus dirawat dan dijaga iklim pertumbuhannya supaya bisa berkelanjutan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


FURQAN
FURQAN Hobi menanam dan beternak secara organik. Berkeinginan mewujudkan sistem ekonomi yang berkelanjutan.

Posting Komentar untuk "15 Menit Bersama Pak Ahyuddin : 3 hal penting yang harus dimiliki untuk membangun organisasi yang besar dan berkelanjutan"